PELAYANAN KELOMPOK USAHA BERSAMA ( KUBE )

SHARE

 

NO

 

KOMPONEN

 

URAIAN

1.

Persyaratan

  1. Dasar pemeikiran/Latar belakang berdirinya KUBE.
  2. Maksud dan Tujuan dari Profosal
  3. Sususna pengurus KUBE yang terdiri dari;Ketua, Sekretaris, Bendahara, KUBE ( total anggota kelompok minimal 10 orang).
  4. Usulan kebutuhan kelompok..
  5. Daftar hadir rapat dan tanda tangan anggota kelompok KUBE>
  6. Proposal ditanda tangani oleh Ketua Sekretaris , Bendahara KUBE dan disetujui oleh Kepala Desa, diketahui oleh Camat.
  7. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing - masing anggota Kelompok.
  8. Foto copy Kartu Keluarga (KK) masing - masing anggota Kelompok.
  9. Surat Keterangan dari Kepala Desa/Camat/Dinas Kependudukan Catatan Sipil.jika anggota kelompok tidak memiliki kartu keluarga (KK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  10. Surat pengantar proposal dari Camat.
  11. Memiliki lahan sendiri dinuktikan dengan surat keterangan Kades dilengkapi foto.

2.

Sistem, Mekanisme dan Prosedur

  1. Pemohon penerima bantuan KUBE mengajukan Proposal Kelompok Usaha Bersama Ke Dinas Sosial PPPA Kabupaten Sekadau Bidang PembedrdayaanMasyarakat Miskin.
  2. Petugas Administrasi Meregistrasi dan Pengtecekan Kelengkapan Proposal Pengajuan KUBE.
  3. Petugas administrasi Meneruskan Kepada Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Masyarakat Miskin.
  4. Verifikasi Proposal pengajuan KUBE Tahap kedua oleh Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial masyarakat Miskin.
  5. Kepala Seksi meneruskan Kepada Kepala Bidang Untuk Pengembalian keputusan atas pengajuan proposal.
  6. Kepala Bidang Meneruskan ke Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Sekadau untuk Persetujuan Proposal KUBE.
  7. Kepala Dinas memberikan surat rekomendasi atas persetujuan Proposal KUBE Kepada Kepala Bidang untuk Pencairan Bantuan KUBE>
  8. Verifikasi Validasi  anggota kelompok ke lapangan dilaksanakan oleh kepala bidang dan kepala seksi beserta staf teknis kantor guna memperoleh informasi keberadaan setiap anggota kelompok KUBE.
  9. Melaksanakan pelatihan bimbingan teknis Kepada anggota kelompok  kube.
  10. Melaksanakan sosialisasi pertemuan kelompok KUBE dengan Kepala Bidang Pemberdayaan Soisal Masyarakat Miskin.
  11. Administrasi penyelesaian berkas proposal kelompok sekaligus membuat SK kelompok yang disetujui oleh Bupati Sekadau.
  12. Penyaluran bantuan dilaksanakan oloeh pihak ke tiga dan diserahkanlangsung ke kelompok dan didampingi oleh tim dari Dinas Sosial PP dan PA.
  13. Monitopring dan Evaluasi Kelapangan kepada KUBE yang telah mendapatkan bantuan.
  14. Membuat Laporan hasil Monitoring dan Evaluasi dari lapangan terhadap KUBE yang dianggap berhasil sebagai pertanggung jawaban kepada Kepala Dinas.

 

 

3.

 

 

Jangka Waktu

Proses Penyaluran Bantuan Kurang lebih 1(satu) bulan.

 

4.

Biaya/Tarif

Seluruh proses pengajuan sampai penyaluran tidak di pungut biaya/GRATIS.

5.

Produk Pelayanan

Bantuan Sosial Bidang Pemberdayaan Masyarakat Miskin

6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. Tatap    Muka    langsung    kepada Pejabat Pengelola Pengaduan di Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat
  2. Tertulis  disampaikan  ke  kotak pengaduan   yang   disediakan   di Dinas Sosial Kabupaten Sekadau.  

   c.  Kontak pengaduan melalui :

         1. telepon/HP

          a). Koordinator Bidang;

               0813-4643-8206

          b). Kabid PSMM :                            0852-4596-9693

d.  Email     :

  bidangpsmmdinsos@gmail.com

 

No.

Komponen

 

Uraian

 

7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dasar Hukum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. UU  No.  11  tahun  2009  Tentang

    Kesejahteraan Sosial

2. UU No. 13  Tahun  2011 Tentang

    Penanganan Fakir Miskin

3. PP  No.  42  Tahun  1981  Tentang

    Pelayanan Kesejahteraan Sosial

4. PP  No.  63  Tahun  2013  Tentang

    Pelaksanan Upaya Penangan Fakir

    Miskin       Melalui       Pendekatan

    Wilayah

5.  Keppres   No.   15   Tahun   2010

    Tentang                        Percepatan

    Penanggulangan Kemiskinan

 

8

 

 

 

 

 

Sarana dan Prasarana

 

 

 

 

  1. Ruang Pelayanan Informasi, Ruang tunggu, Ruang Laktasi, Ruang Pengaduan, Ruang Konsultasi;
  2. Dan Sarana Prasarana untuk disabilitas Masjid, Tempat Parkir, TV.

9

 

Jumlah Pelaksana

3 orang

10

 

Kompetensi Pelaksana

  1. Cakap
  2. Memenuhi Tugas dan Fungsi jabatan
  3. Memahami Standar Operasional Prosedur
  4. Memiliki Kemampuan Mengoprasikan komputer dan perangkat tekhnologi lainnya
  5. Memiliki etika pelayanan yaitu disiplin, cepat, tegas, sabar, komunikatif, kreatif, inovatif, dan tanggung jawab

 

11

 

 

 

 

 

Pengawasan Internal

 

 

 

 

 

  1. Dilakukan oleh atasan langsung
  2. Dilakukan secara kontinue
  3. Konsisten dalam memberikan tuguran / sanksi dan reward/ penghargaan

12

 

 

 

 

13

Jaminan Pelayanan

 

 

 

 

Jaminan Keamanan

Keselamatan Pelayanan

Diwujudkan dalam kualitas proses layanan dan produk layanan yang didukung oleh petugas yang berkompenten di bidang tugasnya dengan perilaku pelayanan yang terampil, cepat, tepat dan santun.

 

 

a.   Memberikan   rasa   nyaman   dan aman kepada pemohon

b.   Produk  pelayanan  yang  diproses

secara manual dan elektronik di jamin keabsahannya  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

c.   Jaminan       kerahasiaan       data

        perusahaan

 

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

a.  Rapat          evaluasi          terhadap pelaksanaan kegiatan terkait

b.  Evaluasi terhadap Survei Kepuasan

Masyarakat (SKM) yang dilaksanakan              secara periodik setiap semester.